LCD notebook gelap. antara air dan goncangan

Posted on 13:37 by Eri -182


Sekarang waktu udah menunjukan pukul 02.26 waktu sangatta. aku masih di sini, di depan laptopnya bang heru karena laptopku sendiri rusak, layarnya gelap. Terakhir nyalakan laptop saat masih normal, di keyboard ada airnya, dugaan sementara pelakunya kejahatan ini adalah air hujan, kejadian ini terjadi di jalan Kabo, di rumah Bang Ijal.

Modus operandinya adalah air hujan yang turun dengan deras menembus atap dan plapon hingga menetes di meja, laptop jadi kena imbasnya karena berada persis di samping cipratan air hujan atau mungkin juga tetesannya tepat di notebooknya. Aku ga tau pasti karena saat kejadian aku tidak berada di TKP, saat hujan deras aku sedang asik tidur dan bermimpi. Saat terbangun dan melanjutkan pekerjaan kudapati dengan mata kepalaku sendiri sisa-sisa air tersebut masih asik nangkring diatas keyboard.

Setelah kusapu barang bukti berupa benda cair tersebut dengan tanganku sendiri kulanjutkan pekerjaan yang telah di percayakan bang heru kepadaku, ga lama setelah itu layar gelap tapa syarat, mengejutkan!. Aku jadi panik dan bingung dengan hal yang baru pertama kualami tersebut.

Tidak ada saksi yang yang bisa di mintai keterangan atas tindak kejahatan ini karena semua saksi, bisu seribu bahasa saat di interogasi karena memanga semu saksi berupa benda mati, yaitu: Asbak, meja, kursi dan jendela. Karena sikap mereka yang tanpa kata tersebut maka pihak yang menangani kasus ini menetapkan mereka sebagai saksi bisu.

Pekerjaan yang di percayakan padaku jadi tertunda karena notebook yang gada cahayanya pada LCD alias gelap seperti tak berkontras. Acara mubes UKM STIPER ENGLISH VILLAGE (SEV), yang menetapkan pak Bahar sebagai ketua UKM periode 2009-2010 di kampuspun jadi terganggu karena isi kepala ga mau berhenti memikirkan kejadian tersebut, terus terang hal ini menjadi beban pikiran buatku.

Mencari solusi atas permasalahanku ini, aku browsing di internet dan meminta keterangan dari letnan google untuk menjelaskan cara menormalkan notebook ku ini hingga siap di gunakan kembali.

Tanpa basa-basi aku menjelaskan duduk persoalannya kepada letnan google, dengan sigap dan cepat letnan google langsung mengutus salah satu agentnya yang tidak kalah pamor dengannya, yaitu bpk. aYahoo Answer untuk menjelaskan kepadaku solusi atas masalahku ini. Dia berkata “biasanya notebook yang LCD nya gelap tersebut terjadi karena guncangan sehingga slot pada HD/ memorinya kendor jadi, coba ambil obeng trus buka slot HD dan memorinya lalu pasang kembali dengan memastikan gak ada yang kendor, itulah yang pernah saya alami juga pada laptop saya, moga bisa membantu dan selamat mencoba ya....”. paparan Bpk. Yahoo Answer kepadaku.

Tidak puas dengan jawaban tersebut, aku meminta keterangan lebih lanjut kepada letnan google yang kemudian menunjuk agentnya yang lain yaitu, Dr. Computer. Dengan sedikit berbelit-belit dan terbata-bata ia menjelaskan kepadaku “Ada banyak orang tanya ke saya, laptop saya setelah jatuh kok gelap, atau laptop tiba2x gelap atau seperti mati total.

Sebenarnya komponen untuk tampilan ada beberapa macam
1. VGA chipset
2. Kabel flexibel
3. Inverter /plyback di televisi
4. LCD

Sehingga kalau gelap atau mati ada beberapa kemungkinan , kita bisa melacak dari vga dahulu. Ciri khas ny adalah coba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chip problem. Silahkan bawa ke dokter laptop untuk berobat.

Sedangkan bila menyala, ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik seperti inverter, lcd ataupun flexibel. Untuk cara ini rekomendasi bawa ke dokter untuk lebih detil.
Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemaungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) , inverter atau flex.
Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.” Ungkap Dr. Computer dengan panjang lebar.

Bukannya senang dengan jawaban yang telah di dapat, aku jadi semakin bingung karena kecurigaan ku kepada pelaku, yaitu air hujan seolah terbantahkan dengan sekali pukulan oleh penjelasan-penjelasan website-website hebat tadi. Apa mungkin website-website tadi telah berkonpirasi dengan air hujan, sipelaku kejahatan. Karena sebenarnya notebook ku ini emang sering menghdapi goncangan-goncangan ngebor ala inul daratista saat ku bawa-bawa di dalam tas, entah ke kampus atau hanya ingin ngenet garatisan dengan jaringan hotspot tak berpassword.

kasus penyelidikan masih berlanjut, jalan satu-satunya untuk membuktikan perkara ini adalah dengan cara membedah badan notebook yang telah tersakiti. Dengan keyakinan dan keteguhan hati aku yakinkan diriku bahwa aku mampu untuk melakukan hal ini, untuk mencari kebenaran atas kasus ini dan membuat notebook axioo neon kesayanganku bisa sehat kembali untuk kembali ku siksa dengan berbagai kegiatan ku. Hallah..

Dengan berbekal obeng aku berusaha membukanya. Dan tiba-tiba obeng tersebut tidak dapat masuk di lubang baut yang masih perawan. Aku mengurungkan niatku untuk melakukan hal ini, aku takut. Aku takut jika aku gagal, aku takut jika segel selaput dara notebook ku sobek. Aku bingung, tak tau harus bagaimana.... kemudian aku memutuskan untuk membawanya kepada pak beny yang jago komputer, insyaallah besok aku akan menuju rumahnya Pak Benny setelah fajar, setelah mendapatkan tumpangan menuju rumahnya dan akan ku utarakan maksud dan tujuanku kepada pak benny.

Sampai artikel ini di posting, keadaan notebook masih dalam keadaan sakit dan berdiam diri tanpa listrik di dalam tas hitam yang terkadang ku pakai ke kampus. Tulisan ini ku dedikasikan untuk diriku sendiri, untuk menghibur ku yang tengah merasa linglung, bingung, pusing, bibir pecah-pecah, rombeheun, tidak bisa online di hotspot tak berpassword, meriang, menggigil, ga mau mandi, insomnia, makan sampah rasanya gaenak dan selalu garuk-garuk kepala setiap 3,41 menit sekali akibat dari kejadian ini.

Cepat sembuh laptop ku... hiks.. hiks..

2 Response to "LCD notebook gelap. antara air dan goncangan"

.
gravatar
Raja Benih Sayuran Says....

bagus banget blognya...semoga laris manis salam kenal dari bagus banget blognya...semoga laris manis salam kenal dari Jual tas seminar

Leave A Reply